Kementerian Pertanian

  • August 11, 2020

Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Januari 2021 tercatat sebesar 138,zero miliar dolar AS, setara dengan pembiayaan 10,5 bulan impor atau 10,zero bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar three bulan impor. Ke depan, defisit transaksi berjalan diprakirakan tetap rendah yaitu sekitar 1,0%-2,0% dari PDB pada tahun 2021, sehingga mendukung ketahanan sektor eksternal ekonomi Indonesia. Ketahanan sistem keuangan tetap terjaga, meskipun risiko dari berlanjutnya dampak Covid-19 terhadap stabilitas sistem keuangan terus dicermati. Rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) perbankan Desember 2020 tetap tinggi sebesar 23,81%, dan rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) tetap rendah, yakni 3,06% dan zero,98% . Di tengah kondisi likuiditas yang longgar dan pertumbuhan DPK yang tinggi sebesar 10,57% , perbaikan fungsi intermediasi dari sektor keuangan belum kuat, tercermin dari kontraksi kredit pada Januari 2021 sebesar 1,92% dibandingkan dengan kontraksi 2,41% pada Desember 2020. Dengan perkembangan tersebut, Bank Indonesia merevisi proyeksi pertumbuhan kredit/pembiayaan pada tahun 2021 dari semula pada kisaran 7%-9% menjadi 5%-7%.

Selaku fasilitator, SIPPO bekerja beriringan dengan BSO untuk meningkatkan kemampuannya dalam memberikan pelayanan terkait pameran dagang, misi penjualan, misi pembelian, pertemuan B2B, serta studi banding bagi anggotanya. SIPPO membantu BSO untuk meningkatkan pelayanan promosi internasional bagi eksporter dan perusahaan yang siap ekspor, selain itu SIPPO juga membantu untuk memperkuat institusi BSO sekaligus menghubungkan mereka dengan jaringan yang luas. Selain diolah menjadi tepung, Porang juga diekspor ke luar negeri untuk kebutuhan industri pangan ekspor. PT BWL yang dikunjungi Mentan RI selain melakukan usaha produksi pencucian sarang walet juga telah menghasilkan produk nutrisi remahan dan terian sarang burung walet berkualitas dengan merek Chun Yanwo dengan kemasan mulai 25 gram – 50 gram. Ia juga menyebutkan, saat ini sudah ada empat perusahaan yang memproduksi usaha pencucian sarang burung walet di Kalbar.

Ketika kinerja ekonomi Tiongkok mengalami perlambatan dan mencapai titik terburuk yang hanya mencatatkan pertumbuhan ekonomi 6,6 persen pada 2018 atau melambat dibanding dengan 2017 yang mencapai 6,ninety persen, bahkan menargetkan untuk tumbuh dalam kisaran 6%-6,5% di 2019. Kondisi ini turut memicu kekhawatiran tentang risiko pertumbuhan ekonomi dunia. Pasalnya, sumbangsih ekonomi Tiongkok juga mencapai sepertiga dari pertumbuhan ekonomi dunia. Maka ketika Tiongkok menghadapi masalah, seluruh perdagangan dunia akan terpengaruh, termasuk Indonesia. Negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini merasakan efek dari prospek perdagangan yang semakin gelap dan upaya pemerintah untuk mengendalikan pinjaman berisiko setelah kenaikan tingkat utang yang pesat.

Komunitas Ekspor

Bisnis kayu olahan yang memanfaatkan pohon yang tumbuh cepat dan ditanam di hutan rakyat dapat turut mendukung pengentasan kemiskinan. Hutan rakyat berperan besar dalam meningkatkan pendapatan bagi petani kecil serta mengurangi deforestasi hutan tropis. Produk kayu olahan dari Indonesia umumnya terbuat dari bahan kayu sengon, kayu jabon, kayu karet, kayu balsa, kayu kapuk dan bambu.

Adapun media sosial yang diakses paling banyak adalah Youtube, Whatsapp, Facebook, Instagram, dan Twitter. SIPPO adalah program promosi dagang dari sekretariat negara Swiss bidang perekonomian untuk negara transisi dan berkembang di empat benua. SIPPO membantu DAI untuk memperkuat hubungan dagang antara produsen minyak atsiri Indonesia dengan pembeli dari mancanegara. Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Bangkalan Agus Mugiyanto menyampaikan, bahwa Porang atau Amorphophallus Nuelleri diproyeksikan menjadi komoditas pertanian berorientasi ekspor dari Pulau Madura.

Sementara negara yang tergolong Net Importir adalah negara yang memiliki neraca perdagangan ikan yang negatif. Informasi ini sangat penting guna mengatahui negara-negara mana saja yang baik untuk mengembangkan pasar komoditas ikan Indonesia di pasar internasional. Selian itu juga dapat diketahui negara-negara yang menjadi pesaing utama komoditas ikan Indonesia di pasar internasional. Apalagi, pada waktu-waktu tertentu permintaan pasar internasional cukup tinggi, sehingga harga jual manggis di Puspahiang bisa melonjak.

Rohiqhar

E-mail : admin@cogecaratulas.com