Pentingnya Komunitas Sel Komsel

  • August 24, 2020

Enterpreneur seringkali mampu ‘mendefinisikan kembali aturan’ dari sebuah industri yang sudah mapan. Misalnya, di tahun 90-an, saat ingin menyewa rumah, Anda harus pusing menjelajahi iklan surat kabar untuk menentukan pilihan hanya dari forty kata singkat. Tetapi, dengan hadirnya layanan baru seperti “Spareroom.co.uk”, Anda bisa dengan mudah menemukan tempat tinggal yang nyaman sesuai kebutuhan. Hal ini telah menciptakan market dengan layanan baru sehingga meningkatkan efisiensi. Dalam free market, enterpreneur memiliki peran yang sangat penting karena mereka membantu pasar merespon perubahan harga dan preferensi konsumen.

Oleh karena itu, diperlukan sikap sensitif dan jejaring antarkomunitas budaya yang kuat untuk menyentuh dimensi kesenian dan kebudayaan sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam dinamika pembangunan karakter bangsa. Manajemen dan pemegang saham tertarik untuk mengurangi kualitas dan menaikkan harga karena itu meningkatkan keuntungan perusahaan. Sebaliknya, pelanggan menginginkan produk yang lebih murah dan lebih berkualitas. Melalui serikat buruh, perusahaan dapat mengakses tenaga kerja berkualifikasi yang dibutuhkan lebih mudah.

Komunitas yang terus terjalin komunikatif satu dengan yang lain, sesama anak saling kenal, sesama orang tua juga saling mengenal. “Workshop ini akan menjadi bekal untuk para Duta, mereka adalah harapan bangsa ini. Saya yakinmereka mampu membangun komunitas dan jaringan luar biasa kelak. Saya percaya Duta mampu menjadi motor penggerak dalam mengembangkan komunitas dan relawan di komunitasnya masing-masing,” tutupnya. Dimana digitalisasi telah mengubah cara perusahaan dalam membangun komunitas untuk mereknya,” kata dosen sekaligus peneliti, konsultan dan coach di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, BM Purwanto pada INFOBRAND.ID.

Misalnya seperti pepatah yang sering kita dengar dari masyarakat lokal Jawa Timur “Rawe-rawe rantas, malang-malang putung” atau masyarakat Jawa Tengah “Alon-alon asal klakon” dan banyak lagi. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto menyampaikan, situasi pandemi Covid-19 membutuhkan kemitraan berbagai pihak dan kesiapan sumber daya manusia pendukungnya. Dalam sebuah proses Knowledge Management terdapat beberapa orang yang cenderung menimbun pengetahuan yang dimiliki atau diketahui sehingga mengakibatkan hilangnya pengetahuan yang sebenarnya penting bagi sebuah organisasi, lembaga atau seseorang. Kecenderungan menimbun pengetahuan ini terdapat alasan seperti orang tersebut merasa bahwa pengetahuan yang dimilikinya berharga dimana orang lain seharusnya tidak boleh tahu akan pengetahuan tersebut. Solusi yang dapat dilakukan dengan cara membuat sebuah koordinasi dan kolaborasi yang baik antara tim-tim kerja dalam organisasi atau lembaga, sehingga orang yang menimbun pengetahuan ini dapat berbagi dengan cara sukarela. Pelatihan sumber daya manusia, menjadi wajib dengan pembangunan fisik yang dilakukan.

pentingnya suatu komunitas

Jadi, buat kamu yang ingin bergabung dengan komunitas yang ada di sekitarmu, tapi masih ragu-ragu. Kamu bisa bergabung dalam divisi-divisi yang telah tersedia dan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Misal, kamu bisa mengoperasikan kamera, maka masuklah dalam divisi publikasi dan dokumentasi Dengan demikian, kamu bisa melatih kerja samamu dalam tim sekaligus melatih kemampuan fotografimu. Bisnis apa pun yang sedang berkembang pastinya ingin melakukan ekspansi untuk memperluas bisnis hingga ke pasar luar negeri. Ini merupakan unsur penting dari pembangunan ekonomi karena menyediakan akses ke pasar yang lebih besar. Sehingga memudahkan aliran dana hingga akses ke teknologi mutakhir terbaru serta proses yang digunakan di pasar asing yang lebih maju.

Seperti saat terjadinya kenaikan bahan baku tekstil, bisa saja Anda mendapatkan informasinya dari rekan yang tergabung dalam komunitas tersebut. Advokasi merupakan tindakan mempengaruhi atau mendukung sesuatu atau seseorang yang berkaitan dengan kebijakan publik seperti regulasi dan kebijakan pemerintah. Ini dilakukan sebagi upaya memperkuat posisi tawar seperti penyadaran pemangku kebijakan akan terjadinnya diskriminasi hak-hak sipil. Serta pemberian bantuan hukum atau melakukan foyer terhadap pemangku kebijakan. Hal itu artinya, siswa menilai guru sebagai contoh dalam bertindak dan berperilaku. Hal ini menuntut guru harus pandai dalam menjaga sikap dan perilaku guna memberikan contoh terbaik.

Pendidikan karakter adalah suatu sistem penamaan nilai-nilai karakter yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan. Pengembangan karakter bangsa dapat dilakukan melalui perkembangan karakter individu seseorang. Akan tetapi, karena manusia hidup dalam lingkungan sosial dan budaya tertentu, maka perkembangan karakter individu seseorang hanya dapat dilakukan dalam lingkungan sosial dan budaya yang bersangkutan. Sementara bagian divisi periklanan, promosi, humas, dan penjualan, fokus pada pencarian konsumen baru. Komunitas di fokuskan untuk mengelola kebutuhan para pelanggan yang sudah di dapat.

Kedua, menciptakan ruang dan atmosfer kebudayaan yang mampu memicu “adrenalin” para pelaku budaya dalam menghasilkan produk-produk budaya yang eksotis dan mengagumkan. Melalui jejaring antarkomunitas budaya yang kuat, para pelaku budaya bisa bersinergi dan berkolaborasi dalam melahirkan karya-karya “masterpeice”, termasuk dalam mempromosikan produk budaya ke ruang-ruang publik. Sebagai sebuah produk budaya, hasil-hasil kesenian dan kebudayaan akan ikut menjadi faktor penentu terhadap kedaulatan bangsa dan negara.

Sehingga hal tersebut dapat menjadi sarana untuk mengimplementasikan pertukaran sosial. Dengan adanya hal tersebut dapat membuat suatu organisasi dapat mudah untuk mmencapai visi misi yang telah diterapkan. Knowledge Management merupakan sebuah hal penting yang dapat membantu seseorang atau organisasi dalam mempertahankan sebuah keunggulan yang kompetitif dalam lingkugan yang dinamis. Karena terjadinya antar individu yang akan menghasilkan sebuah pengetahuan baru untuk menghasilkan inovasi. Namun terdapat Tantangan terbesar dalam mengimplementasikan knowledge administration ini, yang menganggap bahwa pengetahuan adalah hal paling berharga bagi dirinya sehingga enggan untuk membagikan pengetahuannya kepada individu lain (Gross & Kluge, 2012).

Dalam bidang pendidikan, Acer Indonesia berinisiatif untuk menyediakan wadah berbagai informasi untuk para guru melalui Guraru yang telah diinisiasi 10 tahun lalu. Komunitas on-line ini berupaya dalam peningkatan literasi IT di kalangan guru-guru. Komunitas Guraru menjadi wadah untuk berbagi ilmu teknologi dalam pendidikan dan saling meningkatkan kompetensi di bidang masing-masing. Namun, melalui komunitas, setiap guru akan didorong untuk lebih berani dalam mengembangkan beragam peran karier di dunia pendidikan yang tak terbatas pada ruang kelas. Sebenarnya masih banyak lagi hal menarik yang bisa kamu dapat tentang kearifan lokal. Kamu bisa melengkapi pengetahuan kamu hanya dengan belajar di aplikasi Ruangguru.

Rohiqhar

E-mail : admin@cogecaratulas.com